perjalanan mistik gunung arjuna-welirang


gunung arjuna adalah gunung yang terletak di antara 3 kabupaten(malang-pasuruan-mojokerto) ini memiliki ketinggian tertinggi 3339 mdpl(arjuno).gunung ini memiliki daya magis yang begitu pekat.banyak peninggalan zaman dahulu yang masih ada dari kaki gunung hingga puncak gunung.arca yang berceceran hingga candi peninggalan majapahit banyak terdapat di lereng sebelah utara(lereng yang mengarah ke purwosari).


gunung ini dari zaman dahulu memang terkenal sebagai tempat bersemedi dan pemujaan para penganut kejawen.suasana magis di gunung arjuna di jaman sekarang ini pun masih terasa.suasana yang angker dan menyeramkan pun masih menyelimuti.

beragam cerita yang saya ketahui tentang gunung arjuna yang tersimpan banyak sejarah magis ini.
dari mulai hutan lali jiwo, pasar dieng atau yang di sebut pasar setan, dan cerita tentang adanya ngunduh mantu.

hutan lali jiwo ini memang terkenal menyeramkan, dari namanya bisa di simpulkan di hutan ini sering membuat orang ling lung (lupa diri) apabila orang tersebut berbicara kotor. dan memiliki niat buruk.tak sedikit para pendaki di buat bingung dan terjatuh kedalam jurang dan di temukan meninggal.

pasar dieng atau yang di sebut pasar setan tepat nya hampir sampai puncak,di sini konon kalau hari tertentu dan orang yang melewati lagi sial ,tempat ini akan serasa ramai selayaknya pasar di dunia nyata.namun di tempat ini adalah pasar setan orang yang masuk ke alam gaib itu akan sulit di temukan.

ngunduh mantu, konon ngunduh mantu inisering terjadi pada bulan suro. makluk gaib di gunung arjuna sedang melakukan hajatan seperti layaknya di alam nyata melakukan pernikahan.apabila ada seseorang mendaki yang mendengar suara gamelan lebih baik untuk mengurungkam niat mendaki gunung arjuna ini. apabila nekat untuk naik tak jarang pula seseorang tersebut akan masuk kedalam dunia gaib untuk di jadikan budak.biasanya akam di temukan tewas atau malah sering tidak di temukan sama sekali.

itulah cerita magis yang saya dengar dari nenek moyang saya. percaya atau tidak itu tergantung dari diri kita sendiri.karena kematian semua sudah di atur oleh tuhan YME...


No comments:

Post a Comment