menikmati malam danau ranukumbolo dan puncak mahameru

kali ini saya ingin bercerita tentang 

explore keindahan gunung semeru yang di juluki gunung tertinggi di pulau jawa.

bagi para petualang gunung ini memberikan pesona alam yang begitu indah.
gunung yang masih dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru(TNBTS) ini menyuguhkan pemandangan yang begitu indah.maka dari itu tempat ini menjadi tempat favorit pendaki untuk menikmati ciptaan tuhan.
untuk menikmati indah nya semeru memang di butuhkan kekuatan fisik dan mental. karena perjalanan yang begitu panjang dan melelah kan tapi di setiap perjalanan kalian akan di suguhi pemandangan yang membuat mata terpana.

nah kita akan langsung men-
uju rute untuk kalian yang ingin menadaki gunung semeru atau hanya menuju danau ranukumbolo yang fenomenal.

-- tempat yang di tuju pertama adalah kota malang,
karena dari kota inilah para pendaki dan wisatawan memulai perjalanan. kalian bisa menuju bandara abdurahman saleh, stasiun kota malang atau juga terminal arjosari.dari tempat ini kalian akan menuju daerah tumpang karena di sini lah pintu masuk menuju desa terakhir. untuk menuju tumpang kalian bisa menyewa carteran atau naik angkot menuju pasar tumpang atau rest area yang di sediakan.dan dari pasar tumpang kalian harus naik jeep karena itu ketentuan dari pemerintah kab malang dan tnbts.atau juga bisa membawa kendaraan pribadi(jika tak sayang sama kendaraan.hehehe).untuk menyewa jeep kalian akan di pungut biaya sebesar 650.000 untuk satu jeep yang berisi 10-12 orang sampai desa terakhir yaitu desa ranupane.


sesampainya di ranupane kalian harus mendaftar untuk mengisi biodata yang telah di tentukan pihak TNBTS:
persyaratan dan ketentuan:
  1. perlengkapan mendaki/camping harus lengkap: sepatu,pakaian penadki,tenda,ransel,sliping bag,matras,alat masak hingga perbekalan.
  2. mengisi formulir : untuk mengisi formulir kalian harus mengikuti brefing dari petugas biar bisa di beri kertas formulir. dalam surat formulir anda harus menyertakan surat kesehatan dari dokter dan materai 6000 (penting). dan mencatat semua perlengkapan anda.
  3. membayar tiket masuk+asuransi kecelakaan sebesar 17.500-22.500/hari. setelah anda sudah mendapatkan tiket berarti anda sudah di setujui untuk menikmati alam dan keindahan semeru.
okeyyy... perjalanan di mulai..

dari desa ranupane anda sudah di suguh i dengan 2 danau yang indah yaitu danau ranu pane dan ranu regulo.


puas menikmati 2 danau kini anda menuju danau yang paling indah yaitu danau ranukumbolo yang fenomenal


danau ranu kumbolo



untuk menuju danau ranu kumbolo kalian harus berjalan selama 2,5-3 jam  hingga sampai danau. trek yang dilalui sangat terlihat dan landai jadi memudahkan wisatawan yang belum pernah mendaki.
ranukumbolo memiliki danau seluas 15 hektar dan air yang jernih.
tapi perlu di ingat di sini pengunjung di larang mandi,membuang sampah,hingga mengambil air langsung dari danau.karena danau ini sangat keramat bagi suku tengger.
di danau ini pengunjung bisa mendirikan tenda untuk bermalam sambil menikmati dingin nya malam di ranu kumbolo. dingin nya di danau ini bisa mencapai -5 derajat celcius maka dari itu setiap pukul 4 pagi sampai jam 7 kalian akan melihat butiran es di rumput dan dedaunan.
dan yang tak kalah indah kalian akan melihat matahari terbit yang muncul dari balik bukit.


menuju puncak mahameru

untuk menuju puncak mahameru kalian harus melewati bukit yang biasa di sebut bukit cinta.

menurut mitos bila pendaki atau wisata wan menaiki bukit ini tanpa menoleh kebelakang akan mendapatkan jodoh yang di inginkan.hehehe.
setelah sampai di puncak kalian akan tertegun melihat savana yang sangat luas yang di tumbuh i alang" hingga bunga yang berasal dari brazil. yaitu bunga verbena brazilians yang berwarna ungu yang sangat indah..


setelah melewati padang savana kalian akan melewati hutan  cemara yang sangat lebat dengan suara khas cemara yang berasal dari daun cemara yang tertiup angin.di sini kalian akan berjalan menanjak dan landai selama 2 jam hingga sampai jambangan.
di jambangan ini kalian akan melihat gugusan puncak mahameru yang mempesona.
dari jambangan kalian harus menuju kalimati selama 30 menit.
di kalimati ini lah para pendaki beristirahat dan mengisi perut untuk memulai perjalanan yang sebenarnya yaitu menuju kawah mahameru yang bernama jonggring saloko.

untuk menuju kawah jonggring saloko kalian harus berangkat jam 12 malam dengan hanya berbekal air mineral dan makanan ringan saja. dan peralatan harus di tinggal di kalimati.perlu di ingat TIDAK ADA ASURANSI UNTUK KEPUNCAK karena medan yang menanjak dan berpasir, tak jarang para pendaki atau wisatawan yang sampai puncak. dengan kemiringan pasir hingga 70 derajat akan menyulitkan pendaki untuk berjalan dan juga sangat berbahaya,banyak batu besar di trek yang di lalui .
perjalanan ke puncak ini memakan waktu 5-7jam tergantung fisik kalian.tak jarang di setiap perjalanan anda akan mendengar dentuman yang sangat keras hingga hujan abu dan pasir.
jika kalian bisa mencapai puncak anda akan menikmati sunrise yang sangat indah dan menakjubkan. karena bisa mecapai puncak tertinggi pulau jawa adalah kebanngaan tersendiri.



dan harus di ingat
bisa selamat sampai rumah kembali adalah tujuan utama. karena puncak hanyalah bonus.

selamat ber EXPLORE INDONESIAN



No comments:

Post a Comment