rute pendakian arjuno-welirang via batu

rute pendakian arjuna-welirang via kota batu
views gunung arjuno
Gunung arjuno ini juga merupakan gunung berapi tua. Walaupun gunung arjuno merupakan gunung berapi namun sekarang gunung arjuno tidak lagi aktif. Jadi anda tidak perlu khawatir gunung arjuno meletus saat mendaki gunung arjuno.
Angin yang berhembus sangat kencang dan bersuhu 5-10 derajat celasius. Dipuncak gunung arjuno kita dapat meliht ke bawah tepatnya melihat arah perkotaan pada malam hari akan terlihat menajubkan. Kerlapan sinar lampu dari rumah-rumah dan kapal laut utara semakin memperindah pemandangan, sedangkan siang hari kita disuguhin dengan keindahan alam yang hijau,asri dan anginnya sejuk.puncak gunung arjuno biasa disebut puncak ringgit atau puncak Ogal-Agil.

Mendaki gunung arjuno memiliki jalur yang sama dengan jalur gunung welirang. Untuk lebih muda jika anda berniat untuk mengunjungi gunung arjuno anda dapat memilih jalur sumber brantas kota batu.
walau pun ada 4 jalur menuju puncak arjuna kini saya akan membahas dan membagikan jalur via kota wisata batu.

RUTE PENDAKIAN

- Pos pendakian

untuk menuju pos pendakian kalian bisa start dari alun-alun kota batu lurus kebarat belok kanan di pertigaan klenteng dan lurus ikuti jalan hingga desa sumber brantas (jurang kwali).
letak pos perizinan berada di kanan jalan tepatnya di batas terakhir desa sumber brantas.
untuk bisa sampai di sini para pendaki bisa naik angkutan umum hingga batas desa dari terminal batu atau dari klenteng.

- start pendakian

dari pos perizinan sedikit jauh untuk sampai pintu masuk pendakian,jadi di sarankan untuk naik ojek dari pos hingga pintu masuk karena jarak pos hingga pintu masuk berjarak 1 km ke arah pemandian air panas cangar.
ada 2 pintu masuk menuju pendakian pertama lewat bon siji dan brak seng walau pun jalur bebeda nanti akan sama bertemu di batas hutan.

(#)rute bon siji

letak bon siji ini berada di titik awal desa ke arah kanan melewati perkampungan hingga ladang penduduk dan sampai batas hutan.sebelum batas hutan pendaki akan menjumpai kolam air dan di sini pendaki bisa mengisi air perbekalan.karena selama jalur tidak di temukan mata air.

(#) rute brak seng

letak brak seng berada 1 kilo meter setelah pos perizinan.tempat ini akan di temukan gapura jalur pendakian.dari sini pendaki akan melewati jalan beton menuju ladang penduduk,ikuti terus jalan utama hingga batas ladang.
setelah jalan sedikit menanjak nanti pendaki akan bertemu pertigaan putus kekiri agak menurun,ambil kiri skitar 150 m akan terlihat bukit di sisi kanan.ambil arah kanan hingga dekat dengan hutan dan pendaki bisa masuk hutan untuk menuju pos 2

- hutan lali jiwo to pos 2 watu tumpuk

untuk menuju pos watu tumpuk di butuhkan waktu perjalanan 2-3 jam melewati hutan tropis.
perlu di perhatikan ada pertigaan di pohon besar di pinggir jalur di situ tersedia penunjuk ke kiri ke watu tumpuk dan lembah kijang. dan kekanan adalah jalur extream menuju puncak welirang.jalur kanan tidak di saran kan karena tanjakan yang extream dan berbahaya.

- watu tumpuk to lembah kembar

setelah dari watu tumpuk (batu susun rapi vertikal)
pendaki akan bertemu sauna 1 (lubang uap) setelah perjalanan 1 jam dan bertemu sauna 2 dan kali garing(kering) setelah berjalan 1 jam dari sauna 1.
setelah itu pendaki akan melawati hutan pinus dan pohon cantigi hingga lembah kembar.
total perjalanan dari watu tumpuk hingga lembah kembar ialah 2,5-3 jam.
di sini pendaki bisa mendirikan tenda untuk persiapan summit arjuna/welirang

- lembah kembar to puncak arjuna dan welirang

untuk mencapai puncak tidak bisa dalam satu jalur jadi di tempat ini pendaki harus memilih puncak arjuna atau welirang.

# lembah kembar to puncak welirang

untuk menuju puncak welirang pendaki bisa menuju arah kiri hinga punggungan gunung kembar satu dan berlanjut menuju puncak welirang.waktu yang di tempuh dari lembah kembar menuju puncak welirang sekitar 2-3 jam tergantung fisik pendaki.

# lembah kembar to puncak ogal agil (arjuno)

untuk menuju puncak ogal-agil pendaki bisa menuju arah kanan lembah.dari lembah pendaki akan berjalan selama 4-5 jam dan melewati diantara lubang dalam di sisi kanan dan kiri jalur hingga menemui pertigaan jalur tretes. di sini akan terpampang nama menuju puncak.ikuti jalur hingga tempat luas dan bukit bebatuan.dari tempat ini pertanda puncak ogal-agil sudah dekat.

itulah refrensi tentang jalur pendakian gunung arjuna-welirang via kota wisata batu