rute pendakian arjuno-welirang via lawang

rute pendakian arjuno-welirang via lawang
view from lawang malang


gunung arjuna-welirang yang memiliki ketinggian 3329 mdpl ini memang menarik bagi pera penggiat alam maka tak heran gunung ini menjadi destinasi untuk menikmati pesona alam dari ketinggian.

dari sekian banyak gunung di indonesia,gunung arjuna welirang sering di sebut gunung favorit di jawatimur setelah gunung bromo semeru.

untuk menggapai gunung arjuna-semeru para penggiat alam tak perlu khawatir karena gunung ini memiliki 4 jalur yang berbeda. seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelum nya yaitu rute arjuna via sumber brantas kota wisata batu.
dan kali ini saya akan share rute lain yaitu rute pendakian arjuna-welirang via lawang kabupaten malang.

berikut ini rute pendakian arjuna-welirang via malang:

* pintu masuk pendakian


Untuk menuju pintu masuk pendakian arjuna-welirang via lawang kalian harus menuju sisi timur gunung arjuna yaitu desa wonorejo lawang karena dari sinilah titik awal pendakian.
hal utama yang harus kalian lakukan adalah menuju daerah pasar lawang,banyak cara untuk sampai tempat ini.
dari surabaya menuju arah malang dan setelah sampai daerah lawang kalian bisa berhenti di pasar lawang(kanan jalan raya lawang) dan meneruskan ke desa wonorejo.atau kalian bisa naik kereta dan turun di stasiun lawang dan selanjutnya menuju pasar lawang.
jika kalian dari malang kota atau dari terminal arjosari malang kalian bisa menuju arah surabaya dan berhenti di pasar lawang(kiri jalan raya lawang).
dari pasar lawang kalian bisa menuju desa wonorejo hingga pintu masuk kebun teh lawang.
dan perlu di ingat di tempat ini lah kalian harus mengisi persediaan air selama mendaki karena sepanjang jalur tidak di temui mata air.

* pos registrasi


pos pendakian atau pos registrasi untuk meminta izin pendakian ini berada di pintu masuk kebun teh lawang. disini kalian di harus kan mengisi data untuk keperluan keamanan dan membayar regustrasi termasuk asuransi.tp jangan khawatir murah kok... tidak seperti gunung jawa timur sebelahnya.... hehehe.

 * pos registrasi to oro oro ombo


untuk menuju pos 1 oro-oro ombo kalian akan bejalan landai melewati bukit dengan panorama yang indah.dengan adanya hamparan kebun teh yang sangat hijau akan menemani kalian menuju pos 1. untuk mencapai pos 1 hanya di butuhkan 1 jam perjalanan saja hingga sampai hutan pinus dan lamtoro dan sampai tanah datar yang luas dan di tumbuh i alang-alang

* pos 1 to pos 2 lincing


 dari oro-oro ombo kalian harus berjalan selama 30 menit menuju pondokan pengawasan taman hutan raden soerjo yang di jadikan tempat istirahat bagi para pendaki dan di sebut pos 2. di sini ter dapat pecabangan  kekanan menuju bukit lincing dan kekiri menuju pos 3.

* pos 2 to pos 3 mahapena


 dari pos 2 lincing kalian akan melewati sungai kecil dengan bebatuan namun sungai ini akan kering ketika kemarau dan selanjutnya kalian akan melewati savana hingga pohon pinus yang di setiap jalur terdapat batu besar yang berhadapan di sepanjang jalan menuju pos 3.waktu yang di tempuh untuk mencapai pos 3 sekitar 3 jam perjalanan.di tempat ini kalian bisa mendirikan tenda atau hanya istirahat saja.

* pos 3 to pos 4 gombes


untuk menuju pos gombes  kalian akan berjalan selama 2 jam di bawah pohon cemara yang rindang karena tempat ini di sebut juga cemoro sewu.
perjalanan menuju pos 4 cukup menanjak dan melelahkan. tapi sesampainya di pos 4 kalian b8sa mendirikan tenda bila langit sudah gelap.dan untuk mempersiapkan summit puncak arjuna di pagi hari.

* pos 4 to puncak ogal-agil


dari pos gombes untuk menuju puncak di butuhkan waktu 3 jam perjalanan dengan melewati hutan tropis yang biasa di sebut hutan lali jiwo.di sini kalian harus berhati-hati karena tempat ini masih memiliki daya mistik yang masih kuat.
setelah lepas dari hutan lali jiwo kalian akan bertemu pertigaan jalur dari purwosari dan tretes setelah itu kalian akan berjalan di bebatuan dengan bunga edelwieis yang tumbuh indah.
dari sini puncak sudah dekat untuk mencapai puncak hanya di butuhkan waktu 30 menit dengan melewati batu besar yang berserakan.
di puncak ogal-agil kalian bisa mendirikan tenda untuk menikmati malam di puncak dengan pemandangan lampu perkotaan. namun juga sedikit beresiko karena tempat yang minim dan bahaya batu dan hembusan angin yang sangat dingin.

itulah refrensi rute pendakian arjuna via lawang kabupaten malang.

semoga kalian tetap menjaga dan melestarikan alam.

selamat ber EXPLORE INDONESIAN

KAMI MENAWARKAN JASA TOUR GUIDE UNTUK PENDAKIAN INI
CONTACT : +6281333836330
EMAIL.       : BAWONS.ABEY@GMAIL.COM

No comments:

Post a Comment