menggapai puncak gunung panderman kota wisata batu

okey... ketemu lagi bro....


kali ini saya bercerita untuk menggapai puncak panderman.gunung ini adalah sebuah ikon alam kota wisata batu,kota kecil yang ada di kabupaten malang memang memiliki panorama yang menakjubkan tak heran kalau kota ini di kenal sebagai swiss nya indonesia.
kota yang berada diantara 3 pegunungan(arjuno-welirang,kawi dan anjasmoro) memiliki infrastruktur yang lengkap dan udara yang masih jauh dengan polusi,tak hayal kalau kota ini menjadi daya tarik wisatawan.
seperti hal nya gunung panderman yang sebagai ikon alam kota batu ini berada di jajaran gunung kawi yang masih sangat asri dan gunung yang memiliki ketinggian 2045 mdpl ini bisa mejadi solusi wisatawan dan pendaki untuk mengagumi alam.
dari puncak panderman inilah hamparan kota batu dan malang alan terlihat indah.

untuk menuju puncak kalian gak perlu khawatir saya akan kasih rute menuju pesona nya.
kalo saya kasih saran lebih enak mendaki malam hari karena perjalanan menuju puncak hanya membutuh kan waktu 3-4 jam tergantung fisik walaupun jalur disini tidak terlalu menanjak.
okelah kalau begitu simak jalurnya:

hal yang paling utama untuk menuju  puncak panderman ialah, kalian harus menuju ke kota batu(ya iyalah gunung ini kan ada di kota batu.hehehe)
selanjutnya kalian harus menuju dukuh toyomerto desa pesanggrahan di sini adalah pintu masuk menuju gunung panderman. dari alun-alun kota batu menuju barat sampai pertigaan ada tulisan wisata panderman lurus.
sebenarnya ada jalur lain sich melalui curah banteng tapi jalur ini terlalu pintas dan extrem untuk wisatawan. lagian juga gak ada tempat parkir loch... hehe
ok... kita kembali ke jalur toyomerto.
setelah sampai dukuh toyomerto kalian akan menemui tempat untuk check point di situ sudah di sediakan sama pengelolanya dan sudah di sediakan tempat parkir yang ada di sisi kiri jalan.

selanjutnya anda akan menuju pos 1 di sini anda bisa mengisi air untuk perbekalan.karena di atas sudah tidak ada lagi mata air.

dari pos 1 kalian akan menuju latar ombo di sini kalian bisa istirahat sejenak.jalur yang di lalui cukup landai.

setelah itu kalian akan menuju pos watu gede atau yang orang lokal sebut dengan watu kursi.untuk menuju pos ini jalur yang di lalui sedikit menguras tenaga.jalur menuju watu gede ini memiliki kemiringan hingga 70° di tempat ini anda bisa istirahat sejenak.

puas istirahat kalian bisa meneruskan perjalanan hingga tumbuhan ilalang di sini jalur sudah landai,  setelah itu kalian  berjalan menanjak sekitar 100 meter untuk sampai puncak panderman atau yang di sebut puncak basundara.

setelah sampai puncak kalian bisa mendirikan tenda dan menikmati gemerlap lampu dari kota batu dan malang yang menawan di saat malam.
di pagi hari kalian akan merasakan indah nya dunia. kalian akan di suguh i matahari terbit yang muncul di balik lautan awan dan terlihat kuncup dari gunung arjuna dan semeru.



pagi yang menurutku sangat indah saat bisa merasakan keindahan dunia.




No comments:

Post a Comment